Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Pembentukan Kepribadian Anak Sekolah Minggu Usia 11-15 Tahun

Nofry J. Walangitan

Abstract


The relationship between humans as God's creation and the Creator himself will be well established if believers are aware of their sins and come to God, mainly because of God's mercy, which has atoned for human sins. In living their lives, believers try to please God and are considered a total offering. The efforts made by humans often exceed normal limits, especially for teenagers. Often, children carry out their existence, which is considered suitable to satisfy their desires. One of our tasks that has not been thoroughly carried out in special ministry education for teenagers is conveying the truth about the Lord Jesus. Therefore, how can we convey the truth to children worldwide about the Kingdom of God, one of which is through Christian Religious Education, taught to every human being from toddlers to the elderly, so that they can better feel our essence. as humans? Christian Religious Education's relationship with children, of course, depends on the individual concerned, whether he understands enough about Christian religious education. In every learning process of Christian Religious Education. In every Christian Religious Education learning process, learning media helps teachers in conveying messages or abstract concepts to children, for children aged 11-15 years.


Abstrak
Hubungan antara manusia sebagai ciptaan Tuhan dengan sang Pencipta itu sendiri akan terjalin dengan baik apabila orang percaya sadar akan dosa-dosanya dan datang pada Tuhan dan terutama karena kemurahan Tuhan yang telah menebus dosa manusia. Dalam menjalani kehidupannya, orang-orang percaya selalu berusaha menyenangkan hati tuhan dan dianggap sebagai persembahan total. Upaya yang dilakukan manusia sering melewati batas norma secara khusus anak remaja. Anak sering melakukan existensinya yang dianggap sudah benar untuk memuaskan keinginannya sendiri. Salah satu hal yang menjadi tugas kita yang belum dilaksanakan secara penuh dalam pendidikan pelayanan secara khusus pada anak-anak remaja adalah menyampaikan kebenaran tentang Tuhan Yesus. Oleh karena itu, bagaimana kita dapat menyampaikan kebenaran bagi anak diseluruh dunia tentang kerajaan Allah salah satunya adalah melalui Pendidikan Agama Kristen (PAK) yang diajarkan kepada setiap insan mulai dari usia balita hingga lansia agar lebih mengalami hakekat kita sebagai manusia. Hubungan PAK dengan anak-anak tentu berpaut kepada pribadi yang bersangkutan, apakah dia hanya cukup mengerti saja tentang pendidikan Agama Kristen. Dalam setiap proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam setiap proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen, media pembelajaran sangat menolong Guru dalam menyampaikan pesan atau suatu konsep abstrak pada anak. Bagi anak usia 11-15 tahun.

Keywords


Christian education teachers; children personality; Sunday school; guru PAK; kepribadian anak; sekolah Minggu

References


Aminatul Zahroh, membangun kualitas pembelajaran melalui dimensi professional Guru,

Bandung: Irama Widya, 2015

Agustin Nella, Peran Guru Dalam membentuk Karakter Siswa, Yogyakarta: UAD Press

Anggota IKAPI, 2021

Afliani Ludo Buan Yohana, Guru dan Pendidikan Karekater, Jakarta: CV Tirta Buana

Media, 2021.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.

Baskoro, Paulus Kunto, and Yonatan Alex Arifianto. “Dampak Pengajaran Guru Sekolah Minggu Terhadap Kesetiaan Anak Dalam Ibadah Sekolah Minggu.” DUNAMOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 67–83. https://doi.org/10.54735/djtpak.v2i2.8.

E.G. Homrighausen, pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985

Erick Unarto, bertumbuh dalam karakter Baru Jakarta: Pustaka sorgawi 2007

Groome, Thomas H, Christian Religious Educatoin-Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: BPK

Gunung Mulia,2010

Harun Unartho, Iman Kristen Jakarta: PT Bpk Gunung Mulia, 2005

Home rich, Pendidikan Agama Kristen, Malang BPK Gunung Mulia, 2002

Htttp/wilikipedia Sejarah Berdirinya Charismatic Worship Service

Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, Edisi 2,71

Kamus Besar Bahasa Indonesia Pendidikan Agama Kristen Jakarta 2010

Laufer ruth & dyck Anny, Guru dalam pandangan Allah Malang: Yayasan persekutuan

perkabaran Injil Indonesia,

Leo Suntanto, Kita Sukses dan Mengelola sekolah Minggu, Yogyakarta; ANDI Anggota

IKAPI, 2008

Lilik Kristanto Paulus, Prinsip dan Praktek PAK Penuntut Bagi Mahasiswa Teologi dan

PAK, Pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen, (Yogyakarta: Andi offset)

Moleong J Lexi, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 2006

Nurhaman Daniel, Pembimbing pendidikan Agama Kristen, Bandung: Jurnal Media, 2007

Paulus Lilik Kristanto, prinsip dan praktek PAK penuntul bagi Mahasiswa Teologi dan

PAK, pelayan Gereja, Guru Agama dan Keluarga Kristen, Yogyakarta: andi offset

Prince Derek, Foundations for righteous living Jakarta: prince Derek ministriesIndonesia,

Rahman Cetteng Abd, Menuju Guru Profesional Dan Beretika, Yogyakarta: Graha Guru,

Sijabat B.S, mengajar secara professional Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003

Sijabat B.S, Mengajar secara Profesional Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2003

Simaremare.

Susilo, Eunike Anggraeni, Yonatan Alex Arifianto, and Wulan Agung. “Nilai-Nilai Etis Teologi Pendidikan Anak Dan Nilai Pancasila Dalam Kode Etik Guru Sekolah Minggu.” Sabda: Jurnal Teologi Kristen 3, no. 2 (2022): 1–15. https://doi.org/10.55097/sabda.v3i2.52.

Gordon sejarah charismatic worship service fellowship citra 2 jakarta barat 1998

Trimanto Paulus, Pribadi Seorang Pemimpin, Yogyakarta; STT KADESI, 2016.

Triposa, Reni, Yonatan Alex Arifianto, and Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai

Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian Dan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 109–26. https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.24.

Unartho Harun, Iman Kristen, Jakarta: PT Bpk Gunung Mulia.

Wahyuni Sri, Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta

didik, (Jawa Tengah: NEM Anggota IKAPI, 2021)

Wardan Khusnul, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta; CV Budi Utama, 2019

Yanuar A, Rahasia Jadi Guru Favorit-inspiatif, Yogjakarta-Diva Press, 2015




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v4i2.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats