Persepsi Orang tua Mengenai Belajar dari Rumah dan Pendampingan Keluarga Kristen Selama Masa Pandemi Covid-19

Ezra Pradeksa Widyawan, J Priyanto Widodo, Tan Lie Lie

Abstract


This research aims to describe the implementation of Learning from Home (BDR) based on the regulations of the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia, regarding parents' perception of the implementation of BDR and the implementation of Christian family assistance during the Covid19 pandemic. The type of research used is qualitative research. The results showed the impact of the Covid-19 pandemic, The government sets regulations related to learning, namely online learning. The results showed the impact of the Covid-19 pandemic, the government set regulations related to learning, namely online learning. Then parents' perception of BDR, online learning was done during the COVID-19 pandemic, students can use technological devices when learning from home, although many are still lazy to do tasks given by teachers and do not focus on learning. In terms of mentoring, many parents are unable to directly assist this because most parents work when BDR is done. The main factor that must be considered by the school in learning during the pandemic is cleanliness, school health facilities, implementation of health protocols, and schools/teachers being able to follow learning materials.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) berdasarkan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengenai persepsi orang tua terhadap pelaksanaan BDR dan pelaksanaan pendampingan keluarga Kristiani di masa pandemi Covid19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dampak pandemi Covid-19, pemerintah menetapkan peraturan terkait pembelajaran yaitu pembelajaran online. Kemudian persepsi orang tua terhadap BDR, pembelajaran online dilakukan pada masa pandemi COVID-19, siswa dapat menggunakan perangkat teknologi saat belajar dari rumah, meskipun banyak yang masih malas mengerjakan tugas yang diberikan guru dan tidak fokus belajar. Dalam hal pendampingan, banyak orang tua yang tidak dapat mendampingi secara langsung hal ini dikarenakan sebagian besar orang tua bekerja saat dilakukan BDR. Faktor utama yang harus diperhatikan pihak sekolah dalam melakukan pembelajaran pada masa pandemi adalah tentang kebersihan, fasilitas kesehatan sekolah, menerapkan protokol kesehatan dan sekolah/guru mampu mengikuti materi pembelajaran. 


Keywords


Covid-19 pandemic; family support; learning from home; online learning; belajar dari rumah;belajar online; pandemi Covid-19; pendampingan keluarga

Full Text:

PDF

References


Fathoni, Abdurrahmat. “Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Tugas Akhir.” Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Gunawan, Yosi Intan Pandini, and Asep Amaludin. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19.” Madaniyah 11, no. 2 (2021): 133–150.

Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 3 (2020): 496–503.

Hardiansyah, Haris. “Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.” Jakarta: Salemba Humanika (2010).

Jamaluddin, Dindin, Teti Ratnasih, Heri Gunawan, and Epa Paujiah. “Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi.” LP2M (2020).

KEBUDAYAAN, MENTERI PENDIDIKAN D A N, and REPUBLIK INDONESIA. “Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)” (2020).

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 241–256.

Mastrianto, Agus, Ali Imron, and Maskun Maskun. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah) 5, no. 8 (2017).

Pantan, Frans, and Priskila Issak Benyamin. “Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta 3, no. 1 (2020): 13–24.

Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 4, no. 1 (2020): 86–97.

Purba, Eduward, Dessy Handayani, Maria Magdalena, Nurnilam Sarumaha, and Halim Wiryadinata. “Redefinisi Ibadah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 36–46.

Ronda, Daniel. “Pemimpin Dan Media: Misi Pemimpin Membawa Injil Melalui Dunia Digital.” Jurnal Jaffray 14, no. 2 (2016): 189–198.

Sahensolar, Sandra Christina, and Simon Simon. “Respon Teologis Terhadap Dampak Pandemik Coronaviruses Disease 2019.” Manna Rafflesia 8, no. 1 (2021): 176–195.

Simon, Simon. “Respon Orang Kristen Terhadap Pemberitaan Televisi Mengenai Covid-19.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 2, no. 2 (2020).

Simon, Simon, Stefanus Dully, Tomi Yulianto, and Adi Prasetyo Wibowo. “Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Teologi Pentakosta.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 1, no. 1 (2021): 65–77.

Simon, Simon, Alfons Renaldo Tampenawas, Joko Santoso, Astrid Maryam Yvonny Nainupu, Semuel Ruddy Angkouw, and Alvonce Poluan. “Participation of Religious Leaders in Helping the Success of the Government’s COVID-19 Vaccination Program.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 5, no. 2 (2021): 234–245.

Sitanggang, Murni Hermawaty. “Beradaptasi Dengan Pandemi: Menelisik Arah Pelayanan Gereja Ke Depan.” Diegesis: Jurnal Teologi 6, no. 1 (2021): 1–19.

Suprapno, Suprapno, Fadqur Fadqur, Totok Totok, Haryanto Haryanto, Moh Hidayatullah, Muhammad Hasan, Agung Wijaksono, et al. “TANTANGAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19.” CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021.

Teng, Michael, and Carmia Margaret. “Sketsa Pelayanan Gereja Sebelum, Selama, Dan Sesudah Masa Pandemi COVID-19.” Veritas: Jurnal Teologi dan Pelayanan 19, no. 2 (2020): 201–213.

Trisnadewi, Komang, and Ni Made Muliani. “Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” COVID-19: Perspektif Pendidikan 35 (2020).

Ulfah, Yunitha, and Anton Suryantoro. “Studi Awal Tentang Penggunaan Media Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMPN Purworejo Lampung Tengah.” Al Jahiz: Journal of Biology Education Research 1, no. 1 (2020): 34–43.

Widjaja, Fransiskus Irwan, Candra Gunawan Marisi, T Mangiring Tua Togatorop, and Handreas Hartono. “Menstimulasi Praktik Gereja Rumah Di Tengah Pandemi Covid-19.” Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 127–139.

Windhiyana, Ericha. “Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 1 (2020): 1–8.




DOI: https://doi.org/10.47131/jtb.v4i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL TERUNA BHAKTI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Teruna Bhaktiis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/.

Jurnal Teruna Bhakti telah terindeks pada situs:

  

View TB Stats